Posted by: girls87 | April 8, 2011

[FILM INDONESIA] ‘? (TANDA TANYA)’, Merangkai Harmoni Dalam Perbedaan

Detail
Genre : Drama
Jadwal Tayang : 7 April 2011
Sutradara : Hanung Bramantyo
Penulis Skenario : Titien Wattimena
Produksi : Mahaka Pictures dan Dapur Film<
Durasi : 100 Menit

Pemain: Reza Rahadian, Revalina S Temat, Agus Kuncoro, Endhita, Rio Dewanto, Hengky Sulaeman, Edmay, Glenn Fredly, dan Baim.

Gerah dengan berbagai pihak yang mulai melupakan nilai toleransi di Indonesia, Hanung Bramantyo mempersembahakan film TANDA TANYA. Film tentang keberagaman dan toleransi di daerah Pasar Baru, Semarang. Mengangkat kisah kehidupan keluarga yang berbeda namun berdampingan dengan baik. Dimulai dengan rangkaian musik dan kehidupan para tokoh berdasar agama masing-masing, film ini sudah mampu mengalirkan perasaan nyaman. Pengenalan karakter yang singkat tidak terasa menjemukan.

Konflik keluarga dan pertemanan yang karena terdapat Masjid, Gereja dan Klenteng yang letaknya tidak berjauhan, dan para penganutnya memiliki hubungan satu sama lain. Hendra (Rio Dewanto) sangat mudah marah ketika dibilang Cina, oleh orang-orang yang hendak berangkat ke masjid. Tawuran sangat sering terjadi. Sementara Menuk (Revalina S Temat) yang bekerja di rumah makan ayah Hendra, Tan Kat Sun (Hengky Sulaeman), bergulat dengan masalah suaminya Soleh (Reza Rahadian) yang tidak bekerja. Sebagai suami dan orang yang taat beragama, Soleh merasa minder karena tidak bisa bertanggungjawab dengan keluarganya. Dia meminta Menuk menceraikannya.

Tokoh lain yang dihadirkan adalah Rika (Endhita) seorang janda cerai beranak satu, yang baru saja berpindah agama. Rika memiliki toko buku yang sekaligus menjadi rumah tinggalnya. Karena status janda dan keputusannya pindah agama, Rika sering mendapat cemoohan para tetangga, namun Rika tetap pada pendiriannya. Rika juga harus menghadapi protes dari anaknya, Abi (Baim) dan ibunya atas keputusannya tersebut. Dalam proses pembaptisan, Rika didekati oleh Doni (Glenn Fredly).

Doni jatuh cinta pada Rika, namun tidak mendapat tanggapan dari Rika walaupun mereka seiman. Sementara dengan Surya (Agus Kuncoro) justru Rika merasa nyaman. Surya menjadi pacar Rika setelah Rika bercerai dengan suaminya. Surya mengetahui jika kondisi ini semakin memojokan Rika pada posisi yang tidak menyenangkan di mata para tetangga sekitar. Sebagai aktor, Surya berjuang meraih impian menjadi bintang film dengan memerankan peranan-peranan kecil. Melihat kemampuannya, Rika menawarkan tokoh Yesus dalam pementasan di gerejanya kepada Surya. Sementara Doni selalu berusaha menjatuhkan Surya pada pementasan gereja. Walaupun seorang Muslim, Surya berhasil memerankan dengan baik peran utama pertamanya, menjadi Yesus.

Permasalahan meruncing ketika Hendra merasa tidak terima dengan nasibnya yang diputus Menuk untuk menikah dengan Soleh yang ternyata tidak memiliki pekerjaan. Ketika meneruskan restoran ayahnya, Hendra membuat peraturan yang tidak menghargai toleransi. Perbedaan yang selama ini dijaga dengan harmoni oleh ayahnya, dihancurkan.

Hanung tidak sekedar menawarkan cerita yang berbobot. Gambar-gambar detail dan indah dipadu dengan musik yang familiar sepanjang film ini akan membuat penonton mudah larut. Ending yang ditawarkan akan meninggalkan Tanda Tanya pada penonton, sudah bertoleransikah kita?

source : Kapanlagi.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: