Posted by: girls87 | February 21, 2011

[TIPS] 10 Tips Perawatan Kulit Kering

Kulit kering memiliki kadar minyak atau sebum yang sangat rendah dan cenderung sensitif. Sehingga terlihat parched (kering) karena kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya. Bagi anda yang memiliki kulit kering, pasti merasa sebal karena anda kulit terasa tidak segar dan terlihat berkeriput.

Ciri-ciri kulit kering:

Kulit terasa kaku seperti tertarik setelah mencuci muka dan akan mereda setelah dilapisi dengan krim pelembab. Kondisi kulit dapat menjadi lebih buruk apabila terkena angin, perubahan cuaca dari dingin ke panas atau sebaliknya. Garis atau kerutan sekitar pipi, mata dan sekitar bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah kulit kering.

Beberapa hal yang menyebabkan kulit mejadi kering:

* Salah satunya bisa disebabkan oleh faktor genetik, kelenjar minyak tidak memberi cukup lubrikasi untuk kulit sehingga kulit mengalami dehidrasi.
* Beberapa orang memang punya kecenderungan memiliki kondisi kulit yang kering. Umumnya, mereka yang berusia diatas 35 tahun, perlahan namun akan mengalami kondisi kulit yang cenderung untuk menjadi kering. Oleh karena itulah, mereka yang berusia di atas 35 tahun disarankan untuk menggunakan rangkaian kosmetik yang mengandung pelembab yang tinggi untuk membantunya mengatasi kulit yang kering.
* Hal lainnya adalah pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin A dan B.
* Atau faktor lingkungan seperti terpapar sinar matahari, angin, udara dingin, radikal bebas atau paparan sabun yang berlebihan saat mandi atau mencuci muka.
* Waspadalah dengan musim dingin atau penghujan. Karena di musim ini, udara cenderung kering sehingga membuat kulit mudah terkelupas atau pecah-pecah.
* Kondisi lainnya adalah karena terkena penyakit kulit, eksim, psoriasis dan sebagainya.
* Sebenarnya kulit kering merupakan bentuk lain dari tanda tidak aktifnya kelenjar thyroid dan komplikasi pada penderita diabetes.

Berikut Tips Perawatan Kulit Kering:

1. Rutin membersihkan wajah. Hal utama yang harus anda lakukan adalah membersihkan dengan pembersih yang lembut sekali sehari yaitu sebelum anda tidur malam.

Untuk membersihkan kulit kering sebaiknya anda gunakan cleansing milk. Lalu pijatlah wajah anda dengan lembut saat anda membersihkan. Gunakan pembersih yang diperkaya dengan pelembab dan mengandung mineral, dan pH balanced serta non detergent.

Tips:

  • Hindari membersihkan wajah dengan air hangat karena akan membuat wajah semakin kering.
  • Hindari mencuci muka dengan air mentah karena residue nya dapat mengeringkan kulit anda. Jadi sebaiknya anda gunakan air mineral yang sudah mengalami proses sterilisasi.
  • Hindari menggosokan handuk secara langsung karena akan membuat kulit teriritasi.
  • Hindari menggunakan sabun mandi saat membersihkan wajah karena tidak saja kotoran yang terangkat tetapi juga minyak alami dalam kulit wajah anda yang berfungsi melindungi kulit anda.
2. Pada pagi hari anda setelah membersihkan wajah gunakan pelembap baik Saat akan beraktivitas baik di luar maupun di dalam ruangan (terutama ruangan ber-AC).
Untuk menghasilkan kulit yang indah, gunakan krim atau pelembab yang mengandung Vitamin C di pagi/siang hari. Vitamin C membantu mengurangi kerut-kerut di kulit dan menunda terjadinya penuaan dini.

Dan biasakanlah untuk menggunakan krim malam sebelum tidur. Sebaiknya gunakan krim malam yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA ini banyak terkandung dalam susu, buah-buahan yang segar dan gula tebu. AHA ini mengandung asam yang dapat mengangkat lapisan-lapisan kulit yang kering serta jaringan kulit yang mati dan memberikan kelembaban bagi lapisan kulit baru. Keuntungannya adalah menjadikan kulit kering terlihat lebih bercahaya dan indah.

Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air (water based formula), dan mengandung nutrisi bagi kulit (moisture rich).
Gunakan krim pelembab yang bebas minyak atau yang sering dikatakan sebagai 100% oil free, karena formulanya cukup untuk memberikan kelembaban pada kulit tanpa membuatnya berminyak. Salah satu contohnya kosmetik yang mengandung Hydromoisturizer [H20] dan 100% formula bebas minyak menjadikan kulit wajah lembut, halus dan cantik alami.

Jika sering berada di ruangan ber-AC, sebaiknya kita juga sering memakai ulang krim pelembab, sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya.
3. Rutin melakukan Scrubbing. Jenis kulit kering memang cenderung terlihat kusam, jadi anda harus lakukan proses pengelupasan atau peluruhan sel kulit mati seminggu sekali. Untuk melakukan proses ini, anda bisa memilih scrub yang butiran-butirannya kecil, halus dan lembut.

Hindari mengenakan scrub yang terdiri dari partikel garam maupun kacang-kacangan karena cenderung kasar sehingga mampu merobek permukaan kulit anda. Hal ini menyebabkan luka robekan di kulit ini juga dapat menjadi penyebab hilangnya kelembaban di kulit.

Resep Scrub Alami:

Campur 1 sdt oat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm madu dan 1 sdm yogurt. Aduk rata lalu gunakan sebagai scrub untuk membersihkan kulit dari kotoran2 yang mungkin masih tertinggal di kulit. Gunakan 1 kali dalam 1 – 2 minggu.

4. Penggunaan masker wajah 1-2 kali seminggu juga sangat dianjurkan untuk membersihkan pori-pori wajah secara mendalam. Tetapi jangan sampai terkena area mata, dimana garis-garis halus paling cepat muncul.
5. Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari.

6. Hindari merokok & minuman beralkohol Keduanya membuat kulit cenderung menjadi kering dan bersisik. Dan karena Alkohol dapat mengikat suplai air di jaringan kulit.

7. Mengkonsumsi banyak sayur-sayuran, vitamin-vitamin untuk kesehatan kulit Anda. Perbanyak konsumsi buah strawberry, bluberry dan jeruk karena kaya akan vitamin A,B,C yang baik bagi kulit dan membuat kulit semakin cemerlang.

8. Cobalah olahraga air seperti aquagym yang tak hanya membuat lebih berbentuk namun juga membuat kulit lebih kencang.

9. Sedangkan untuk perawatan tubuh anda bisa kenakan baby oil setelah selesai mandi agar kelembaban kulit anda tetap terjaga. Hindari menggunakan sabun mandi yang kadar alkalinnya tinggi.

10. Selain dioleskan langsung ke seluruh badan, bisa juga dicampurkan dengan air mandi untuk mencegah kulit menjadi terlalu berminyak, gunakan minyak mandi secukupnya saja kira2 1 sendok makan untuk dicampur ke air mandi.
cr : mybeautyflash.blogspot.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: